Sistem Informasi Survei Kepuasan Masyarakat dengan Framework Laravel pada Pelayanan Publik Pemerintah Daerah
Public Satisfaction Survey Information System Using Laravel Framework at Local Government Public Services
DOI:
https://doi.org/10.57152/malcom.v5i3.1772Keywords:
Laravel, Pelayanan Publik, Sistem Informasi, Survei Kepuasan Masyarakat, Unified Modeling LanguageAbstract
Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan merupakan instansi pemerintah yang bertugas memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Saat ini, pengukuran kepuasan masyarakat terhadap layanan masih dilakukan secara manual menggunakan kertas dan pena, sehingga menimbulkan berbagai kendala seperti lamanya proses pengolahan data dan risiko kehilangan dokumen. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem informasi berbasis web untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pengumpulan data survei. Penelitian ini mengusulkan pengembangan Sistem Informasi Survei Kepuasan Masyarakat berbasis web menggunakan Framework Laravel dan MySQL sebagai database. Pengembangan sistem menggunakan metodologi Waterfall. Perancangan sistem dimodelkan menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang mencakup use case diagram dan class diagram. Sistem diuji menggunakan metode Blackbox Testing dan User Acceptance Test (UAT) untuk memastikan fungsionalitas dan penerimaan pengguna. Hasil pengembangan menghasilkan sistem informasi survei yang memiliki fitur utama berupa kuesioner digital, analisis data otomatis, dan dashboard laporan real-time. Sistem ini mampu mengurangi waktu pengolahan data dari sebelumnya 3-5 hari menjadi kurang dari 1 hari, serta meningkatkan akurasi data hingga 98%. Pengujian UAT dengan 30 responden menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sebesar 85% terhadap kemudahan penggunaan sistem. Implementasi sistem ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pengumpulan data kepuasan masyarakat yang lebih efisien dan akurat.
Downloads
References
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2017.““Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Public” “pp. 1-30, 2017.
Bahrun, S, Alifah, S dan Mulyono, S.““Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web” “,Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI) Vol. 2, No. 2, Oktober, pp. 81~88, 2017.
Zulkarnaen, F.M, Fahrorrozi, M dan Ashari, M, ““Sistem Survei Kepuasan Masyarakat pada Pembuatan Kartu Tanda Penduduk””,Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, Volume 9, Nomor 2, 2022.
Harisjati, R.A, ““Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Kota Bandung Di Bidang Pendidikan Periode 2019-2020”” Vol 4 No 1, 2022.
Putra, Z dan Muzakir M, “”Survei Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan Administrasi di Kantor Desa: Studi Komparasi Menggunakan Uji One Way Anova dan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat””. Jurnal Bisnis dan kajian strategi Manajemen Universitas Teuku Umar, Vol 6, No 2, 2022.
Putra, Dani Ardyan Syah, Danang Wahyu Widodo, and Niska Shofia. “”Sistem Informasi Survei Indeks Kepuasan Masyarakat pada Puskesmas Berbek.”” Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi). Vol. 5. No. 3. 2021.
Yusuf, Ibram Farhani, Danar Putra Pamungkas, and DANIEL SWANJAYA. ““Sistem Informasi Survey Indeks Kepuasan Pelanggan Pada Wish Hair Studio””. Diss. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2023.
Hernawati, Hernawati, and Ahmad Yani. “”Sistem Informasi Survei Kepuasan Pelanggan Berbasis Web Pada PT. Usaha Saudara Mandiri Tangerang.”” Jurnal Khatulistiwa Informatika 1.2, 108-115, 2020.
Sastradipraja, Cecep Kurnia, and Rindi Atika Barokah. “”Rancang Bangun Sistem Informasi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index.””, 2020.
Suandi, S. “”Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur””. Journal PPS UNISTI, 1(2), 13–22, 2019. https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8.
S. R. Hartatik and C. Budihartanti, “”Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Go-jek Dengan Menggunakan Metode TAM,”” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.30656/prosisko.v7i1.1653.
F. Darwati, Lilis, ““Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),”” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 12, no. 2, pp. 34–42, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just- it/index.
B. A. R. Tulodo and A. Solichin, “”Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.),”” J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 10, no. 1, pp. 25–43, 2019.
M. R. S. Nazwa Aprilliaa, ““Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Gofood Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,”” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, pp. 511–520, 2023, doi: https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.1053
Hernawati, H., & Yani, A, “Sistem informasi survei kepuasan pelanggan berbasis web pada PT. Usaha Saudara Mandiri Tangerang,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, 1(2), 108-115, 2020.
Kementerian PANRB, “Pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat unit penyelenggara pelayanan publik,” 2021.
Nazwa Aprilliaa, M. R. S., “Analisis kepuasan pengguna terhadap layanan Gofood menggunakan metode end user computing satisfaction,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, 5, 511-520, 2023. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.1053
Putra, Z, “Survei kepuasan masyarakat atas pelayanan administrasi di kantor desa,” Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Universitas Teuku Umar, 6(2), 2022.
Tulodo, B. A. R., & Solichin, A, “Analisis pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna aplikasi Care,” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 25-43, 2020.
Yusuf, I. F., Pamungkas, D. P., & Swanjaya, D, “Sistem informasi survey indeks kepuasan pelanggan pada Wish Hair Studio,” Prosiding Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2021.
M. F. Rivaldi, L. Afuan, and A. K. Nugroho, “Design And Build A Career Center Information System Using The Codeigniter Framework Case Study At Universitas Jenderal Soedirman Using Waterfall Method,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 3, pp. 731–738, 2022.
Pinaria, Fauziah, and Huwaida, “Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis Web?: Studi Kasus Asrama Mahasiswa Islam Sunan Giri,” Univ. Negeri Jakarta, vol. 12, no. 2, pp. 78–84, 2022.
Mendonca, Fernando, and Feri Sulianta, “Pengembangan Aplikasi Document Management System Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banceuy Menggunakan Pemodelan Object Oriented Analysis and Design,” Jurnal MALCOM, Vol.5, no. 1, pp. 141-149, 2025.
Santoso, Dimas, and Ahmad Tri Hidayat, “Optimalisasi Sistem Antrian Online pada Pelayanan Kesehatan Posyandu Menggunakan Metode Prototype dengan Integrasi FIFO,” Jurnal MALCOM, Vol.5, no. 1, pp. 150-158, 2025.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadli Fadilillah, Faisal Amir, Riyanto Riyanto, Rajimar Suhal Hasibuan, Syavira Indah Maryam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright © by Author; Published by Institut Riset dan Publikasi Indonesia (IRPI)
This Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.