Analisis Sentimen Penggunaan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier

Sentiment Analysis of Using TikTok as a Learning Media Using the Naïve Bayes Classifiers Algorithm

Authors

  • Elsa Apriani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Falah Oktavianalisti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • La Denna Hasri Monasari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Indah Winarni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Isa Faqihuddin Hanif Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.57152/malcom.v4i3.1482

Keywords:

Analisis Sentimen, Media Pembelajaran, Naïve Bayes Classifier, TikTok

Abstract

Media sosial seperti TikTok telah menjadi platform yang populer di kalangan pengguna internet, terutama di kalangan generasi muda. Di sisi lain, media sosial juga memiliki potensi sebagai media pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna terkait penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran yang menggunakan algoritma Naïve  Bayes untuk menganalisis data sentimen tersebut. Sebanyak 176 data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan Google Form. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan algoritma Naïve  Bayes Classifiers untuk mengkategorikan sentimen positif, negatif, dan netral. Hasil analisis menunjukkan bahwa akurasi model adalah 52.27%, dengan nilai precision sebesar 19.60%, dan recall sebesar 50.83%. Meskipun akurasi dan precision yang diperoleh relatif rendah, hasil ini memberikan gambaran awal mengenai persepsi pengguna terhadap TikTok sebagai alat pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih lanjut bagi pengembang aplikasi pembelajaran berbasis media sosial dan membantu dalam meningkatkan kualitas konten edukatif di TikTok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Yip and V. Perasso, “Asal Covid-19: Apakah kita perlu tahu dari mana asal virus corona ini?,” https://www.bbc.com/indonesia/dunia-57590872.

C. M. Annur, “Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024,” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024.

A. Wahyu Setiawan and M. B. N. Ariani, “Determinasi Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Jawa Barat Tahun 2015 – 2019,” Jurnal Indonesia Sosial Sains, vol. 3, no. 1, pp. 1–9, Jan. 2022, doi: 10.36418/jiss.v3i1.505.

W. A. Alvianto, J. Amanullah, and L. Santoso, “Jurnal Kajian Ilmu seni,” 2024.

L. Novia, A. Hikmat, and I. Safi”I, “Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Pidato,” Jurnal Inovasi Global, vol. 2, no. 2, pp. 307–311, Mar. 2024, doi: 10.58344/jig.v2i2.64.

J. Khab Sulaiman Dalam, A. Oktavia Praneswara, N. Cahyono, and U. Amikom Yogyakarta, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi TikTok Shop Seller Center di Google Playstore Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” Indonesian Journal of Computer Science Attribution, vol. 12, no. 6, p. 3925.

E. Andrian and A. Rahman Isnain, “JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Tiktok Shop di Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” 2024, doi: 10.30865/mib.v8i2.7530.

A. Komarudin, A. Meutia Hilda, and C. Author, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Pada Play Store Menggunakan Metode Naïve Bayes,” 2024. [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/co-science

H. Faradian, A. Rubhasy, and Y. F. Wijaya, “ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PENUTUPAN TIKTOK SHOP MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER PADA MEDIA SOSIAL X,” Scientica Jurnal Ilmiah Sain dan Teknologi, vol. 2, no. 4, pp. 150–163, Mar. 2024.

N. T. Luchia, S. N. Auliani, H. Handayani, N. W. Azani, and R. Adha, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Aplikasi TikTok Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Clasifier,” SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, pp. 100–104, Aug. 2023.

F. A. Indriyani, A. Fauzi, and S. Faisal, “Analisis sentimen aplikasi tiktok menggunakan algoritma naïve bayes dan support vector machine,” TEKNOSAINS: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika, vol. 10, no. 2, pp. 176–184, Jul. 2023.

F. Setya Ananto and F. N. Hasan, “Implementasi Algoritma Naïve Bayes Terhadap Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi MyPertamina pada Google Play Store,” Jurnal ICT?: Information Communication & Technology, vol. 23, no. 1, pp. 75–80, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.ikmi.ac.id/index.php/jict-ikmi

Friska Aditia Indriyani, Ahmad Fauzi, and Sutan Faisal, “Analisis sentimen aplikasi tiktok menggunakan algoritma naïve bayes dan support vector machine,” TEKNOSAINS?: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika, vol. 10, no. 2, pp. 176–184, Jul. 2023, doi: 10.37373/tekno.v10i2.419.

A. Erfina, M. Fani Al-shufi, C. Kaler, K. Cisaat, and K. Sukabumi, “ANALISIS SENTIMEN APLIKASI JASA KURIR DI PLAY STORE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES,” Jurnal Sistem Informasi dan Informatika (SIMIKA) P-ISSN, vol. 5, pp. 2622–6901, 2022.

A. S. Rahayu, A. Fauzi, and R. Rahmat, “Komparasi Algoritma Naïve Bayes Dan Support Vector Machine (SVM) Pada Analisis Sentimen Spotify,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 4, no. 2, p. 349, Dec. 2022, doi: 10.30865/json.v4i2.5398.

M. Khoirul, U. Hayati, and O. Nurdiawan, “ANALISIS SENTIMEN APLIKASI BRIMO PADA ULASAN PENGGUNA DI GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES,” 2023.

R. Faiz Ananda, A. Syahri, and F. N. Hasan, “SENTIMENT ANALYSIS OF CUSTOMER SATISFACTION IN GOJEK AND GRAB APPLICATION REVIEWS USING THE NAIVE BAYES ALGORITHM,” Jurnal Teknik Informatika (JUTIF).1, vol. 5, no. 1, pp. 233–241, 1680, doi: 10.52436/1.jutif.2024.5.1.1680.

J. Homepage, N. C. Agustina, D. Herlina Citra, W. Purnama, C. Nisa, and A. Rozi Kurnia, “MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science The Implementation of Naïve Bayes Algorithm for Sentiment Analysis of Shopee Reviews on Google Play Store Implementasi Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Ulasan Shopee pada Google Play Store,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 47–54, 2022.

E. Apriliyani and Y. Salim, “Analisis performa metode klasifikasi Naïve Bayes Classifier pada Unbalanced Dataset,” Indonesian Journal of Data and Science (IJODAS), vol. 3, no. 2, pp. 47–54, 2022.

R. A. Saputra, D. P. Ray, and F. Irwiensyah, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Sentimen Aplikasi Tokocrypto Berdasarkan Ulasan Pada Google Play Store Menggunakan Metode Naïve Bayes,” Media Online, vol. 4, no. 4, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i4.1707.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Apriani, E., Oktavianalisti, F., Monasari, L. D. H., Winarni, I., & Hanif, I. F. (2024). Analisis Sentimen Penggunaan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier: Sentiment Analysis of Using TikTok as a Learning Media Using the Naïve Bayes Classifiers Algorithm. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(3), 1160-1168. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i3.1482