https://www.journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/issue/feedIndonesian Journal of Business Economics and Management2025-04-16T01:54:33+00:00Nuryantinuryanti@irpi.or.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>Indonesian Journal of Business Economics and Management (IJBEM)</strong> is a scientific journal published by the Institute of Research and Publication Indonesia (IRPI) in collaboration with several universities throughout Riau and Indonesia. IJBEM will be published 2 (two) times a year, in June and December, each edition containing 5 (five) articles. Articles may be written in Indonesian or English. articles are original research results with maximum plagiarism of 25%. Articles submitted to IJBEM will be reviewed by at least 2 (two) reviewers. The submitted article must meet the assessment criteria and be in accordance with the instructions and templates provided by IJBEM. The entire process until IJBEM is published will be free of charge. IJBEM is registered in National Library with Number International Standard Serial Number (ISSN) Online: <a title="ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230124121347804" target="_blank" rel="noopener">2985-9883.</a></p>https://www.journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/1620Pengaruh Brand Image, Fashion Lifestyle dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved2024-08-21T06:50:19+00:00Kamalia Kamaliakamalia@gmail.comSaipul Alsukrisaipul.a.sukri@uin-sus.ac.id<p class="JEBM-Abstrakbody"><span lang="IN">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image, Fashion Lifestyle, dan Persepsi Harga terhadap keputusan pembelian pakaian branded preloved di Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan Purposive Sampling, melibatkan 100 responden yang merupakan konsumen pakaian preloved. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image, Fashion Lifestyle, dan Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, Fashion Lifestyle memiliki pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian, diikuti oleh Persepsi Harga dan Brand Image. Uji simultan menunjukkan ketiga variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menarik konsumen, penjual pakaian preloved harus memperhatikan citra merek, mengikuti tren fashion, dan menawarkan harga yang kompetitif. Penelitian ini memberikan wawasan bagi penjual dan pemasar dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk produk pakaian preloved.</span></p>2024-06-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Kamalia Kamalia, Saipul Alsukrihttps://www.journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/886Analisis Metode Carter Terhadap Efektivitas Pelayanan pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk Paska Merger2023-11-22T10:05:05+00:00Tri Mayang Saritrimayangsari29@gmail.comMoch. Abdul Kodirtrimayangsari29@gmail.comR. Gunawan Setianegaratrimayangsari29@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara variabel <em>compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsiveness</em> terhadap eketivitas pelayanan PT Bank Syariah Indonesia paska merger. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data berasal dari nasabah PT Bank Syariah Indonesia dengan jumlah responden 100. Data diolah menggunakan metode analisis regresi linier berganda, yang meliputi uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan uji F, uji t dan uji determinasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel <em>compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsivenes</em>s berpengaruh signifikan terhadap variabel efektivitas pelayanan secara simultan dan parsial. Kontribusi variabel <em>compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsivenes</em>s dalam menjelaskan variabel efektivitas pelayanan sebesar 86,5% sedangkan sisanya sebesar 13,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian</p>2024-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Tri Mayang Sari, Moch. Abdul Kodir, R. Gunawan Setianegarahttps://www.journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/2017Evaluasi User Experience Pada Aplikasi E-Wallet Dana Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)2025-04-16T01:49:20+00:00Muthi Naufalmuthinaufal@gmail.com<p>Di era revolusi 4.0 kerap dikembangkannya produk-produk digital yang membuat masyarakat menjalani kesehariannya melakukan transaksi pembayaran menjadi lebih mudah, cepat, praktis, dan tanpa tunai dengan menggunakan aplikasi e-wallet yang memiliki banyak varian aplikasi, salah satunya adalah aplikasi DANA. Namun dalam ulasan yang terdapat pada App Store, beberapa pengguna aplikasi DANA mengeluhkan kendala yang mereka alami ketika menjalankan aplikasi seperti dalam melakukan proses transaksi berjalan dengan lambat dan rumit. Perlunya mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi agar memberikan solusi terhadap aplikasi DANA untuk meningkatkan performa aplikasinya, dilakukannya evaluasi user experience. Salah satu model metode untuk pengukuran terhadap user experience dan akan digunakan pada penelitian ini yaitu User Experience Questionnaire (UEQ). Penelitian ini menghasilkan pengukuran pada tiap aspek seperti Attractiveness (2,506), Perspicuity (2,358), Efficiency (2,292), Dependability (2,150), Stimulation ( 2,208), Novelty (2,158). Berdasarkan hasil penelitian tersebut user experience yang dialami pengguna Dana dikatakan sangat baik dan diharapkan dapat mempertahankan hasil yang ada. Aplikasi DANA sudah sangat baik diharapkan dapat mempertahankan hasil yang ada.</p>2024-07-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Muthi Naufalhttps://www.journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/2018Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Muslim Pro Menggunakan Metode Analisis User Experience Questionnaire (UEQ)2025-04-16T01:51:48+00:00Ahmeid Aqeilahmeid887@gmail.comDani Harmade12250310356@students.uin-suska.ac.idHapid Ramdani12250310356@students.uin-suska.ac.id<p>Aplikasi Muslim Pro merupakan aplikasi pengingat ibadah umat islam, kalender hijriyah, dan tuntunan tata cara beribadah. Muslim Pro telah diunduh sebanyak seratus juta pengguna dan menerima ulasan sebanyak satu juta ulasan dari pengguna. Mengingat penggunanya yang masif serta perannya sebagai pengingat ibadah, maka diperlukan evaluasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Pengalaman pengguna dapat berpengaruh terhadap pengembangan sistem di masa mendatang dengan berlandaskan pada hasil evaluasi pengalaman pengguna. Salah satu metode untuk mengevaluasi pengalaman pengguna adalah <em>User Experience Questionnaire</em> (UEQ). Keunggulan UEQ adalah tersedia dalam bahasa Indonesia dan gratis. UEQ berfokus enam aspek: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, kebaruan. Penelitian ini ditujukan kepada masyarakat provinsi Riau yang pernah menggunakan Muslim Pro secara kuantitatif sebagai metode pengumpulan data. Data yang didapat dianalisis menggunakan tool analisis UEQ yaitu UEQ data <em>analysis </em>tool. Hasil analisis menunjukkan pengguna yang merasa kurang puas daya tarik (0), kejelasan (0,17), efisiensi (0,07), ketetapan (0,02), kebaruan (0.16), aspek stimulasi (-0,11) dinilai sebagai nilai terendah. Berdasarkan evaluasi menggunakan metode UEQ pengguna memiliki persepsi kurang memuaskan pada aplikasi Muslim Pro. Hasil analisis menunjukkan dibutuhkannya pengembangan pada aplikasi Muslim Pro untuk sesuai dengan kebutuhan pengguna.</p>2024-07-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ahmeid Aqeil, Dani Harmade, Hapid Ramdanihttps://www.journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/2020Penerapan Metode System Usability Scale (SUS) dalam Mengukur Kepuasan Mahasiswa terhadap Website Direktori Akademik2025-04-16T01:54:33+00:00Rifka Anrahvi12250321100@students.uin-suska.ac.idNovrian Pratama12250313668@students.uin-suska.ac.idStevani Stevani12250324245@students.uin-suska.ac.id<p>Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menawarkan layanan akademik online, terutama di Fakultas Sains dan Teknologi (FST). FST menyediakan Direktori Akademik FST, yang memberikan dukungan administratif dan teknis untuk aktivitas akademik FST.Dalam era internet saat ini, situs web akademik yang mudah digunakan dan mudah digunakan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan informasi siswa dan membantu mereka mengatur informasi mereka sendiri. Dengan menggunakan website ini, penelitian ini mengumpulkan data dari siswa FST yang aktif. Sebanyak 70 siswa diminta mengisi kuesioner SUS yang terdiri dari 10 pertanyaan dengan skala <em>Likert</em> 5 poin. Data yang dikumpulkan diperiksa untuk menghitung skor SUS secara keseluruhan dan untuk menemukan elemen khusus website yang membutuhkan perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Direktori Akademik FST menerima skor SUS rata-rata 82, yang masuk dalam kategori "excellent" (accepted). Studi ini menemukan bahwa meskipun situs web Direktori Akademik FST memenuhi kebutuhan dasar pengguna, masih ada ruang untuk peningkatan lebih lanjut untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Rekomendasi perbaikan termasuk membuat antarmuka pengguna lebih mudah digunakan, meningkatkan kecepatan akses, dan menyediakan tutorial penggunaan yang lebih lengkap. Perbaikan ini diharapkan meningkatkan efisiensi dan efektivitas situs web.</p>2024-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rifka Anrahvi, Novrian Pratama, Stevani Stevani