Analisis Metode Carter Terhadap Efektivitas Pelayanan pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk Paska Merger

Authors

  • Tri Mayang Sari Politeknik Negeri Semarang
  • Moch. Abdul Kodir Politeknik Negeri Semarang
  • R. Gunawan Setianegara Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.57152/ijbem.v3i2.886

Keywords:

Berwujud, Efektivitas Pelayanan, Empati, Jaminan, Keandalan, Kepatuhan, Merger, Responsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara variabel compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsiveness terhadap eketivitas pelayanan PT Bank Syariah Indonesia paska merger. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data berasal dari nasabah PT Bank Syariah Indonesia dengan jumlah responden 100. Data diolah menggunakan metode analisis regresi linier berganda, yang meliputi uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan uji F, uji t dan uji determinasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsiveness berpengaruh signifikan terhadap variabel efektivitas pelayanan secara simultan dan parsial. Kontribusi variabel compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsiveness dalam menjelaskan variabel efektivitas pelayanan sebesar 86,5% sedangkan sisanya sebesar 13,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian

References

Creswell, J. W., Hanson, W. E., Plano, V. L. C., Hanson, W. E., & Clark, V. L. P. (2007). The Counseling Psychologist Qualitative Research Designs?: Selection and Implementation. https://doi.org/10.1177/0011000006287390

Fadhilah Ramadhana, N. (2018). Analisis Efektifitas Pembiayaan Murabahah pada PT. Bank Sumut cabang Medan. 1, 1–12.

Fatriani, R. (2018). Bentuk-Bentuk Produk Bank Konvensional dan Bank Syariah di Indonesia. Ensiklopedia Of Journal, 1(1), 218–224.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian?: Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology?: Literature Review. 1(2), 85–114.

Hossain, M., & Leo, S. (2009). Customer perception on service quality in retail banking in Middle East: the case of Qatar. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 2(4), 338–350. https://doi.org/10.1108/17538390911006386

Lau, M. M., Cheung, R., Lam, A. Y. C., & Chu, Y. T. (2013). Measuring Service Quality in the Banking Industry: A Hong Kong Based Study. Contemporary Management Research, 9(3), 263–282. https://doi.org/10.7903/cmr.11060

Maulana Malik, N., Shofa Bisri, A., Harianto, M. A., & Mutammimah, M. (2021). Merger dan Akuisisi. Muhasabatuna?: Jurnal Akuntansi Syariah, 3(2), 1. https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v3i2.1171

Mylonakis, J. (2006). The perception of banks’ mergers and acquisitions by bank employees. International Journal of Financial Services Management, 1(2/3), 205. https://doi.org/10.1504/ijfsm.2006.009626

Pakurár, M., Haddad, H., Nagy, J., Popp, J., & Oláh, J. (2019). The service quality dimensions that affect customer satisfaction in the Jordanian banking sector. Sustainability (Switzerland), 11(4), 1–24. https://doi.org/10.3390/su11041113

Prijanto, B., Pulung, R. F., & Sari, A. R. (2021). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Bank Syariah Dengan bank Konvensional Di KotaDepok Menggunakan CARTER Model. 4, 178–194.

Sharma, P., & P Warne, D. D. (2012). Banks Perspective in Mergers: a Case Study on Merger of the Bank of Rajasthan Ltd. With Icici Bank Ltd. IRJC International Journal of Marketing, Financial Services & Management Research, 1(10), 3622. www.indianresearchjournals.com

Sugiarti, D., Ekonomi, F., & Terbuka, U. (2021). Dimensi Carter Kualitas Layanan Bank Syariah Indonesia: Studi Komparatif Sebelum dan Setelah Merger. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1696–1704. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jiedoi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3660

Sunindyo, A. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Teller Terhadap Kepuasan Anggota Pada Bmt

Thayib, B., Murni, S., & Maramis, J. B. (2017). Comparative Analysis of Financial Performance of Islamic and Conventional Banks. Analisis Perbandingan Kinerja……… 1759 Jurnal EMBA, 5(2), 1759–1768.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Sari, T. M., Kodir, M. A., & Setianegara, R. G. (2024). Analisis Metode Carter Terhadap Efektivitas Pelayanan pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk Paska Merger. Indonesian Journal of Business Economics and Management, 3(2), 53-58. https://doi.org/10.57152/ijbem.v3i2.886

Issue

Section

Articles