https://www.journal.irpi.or.id/index.php/batik/issue/feed Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural 2025-04-09T03:32:41+00:00 Editor in Chief batik@irpi.or.id Open Journal Systems <p><strong>BATIK: Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural </strong>adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Riset dan Publikasi Indonesia (IRPI). Fokus utama dari Jurnal BATIK adalah hasil Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset dan Pengembangan Masyarakat secara Nasional. Jurnal BATIK terbit 3 (tiga) kali dalam satu tahun (April, Agustus dan Desember) dengan 7 (tujuh) artikel dalam setiap nomor terbitan. Jurnal BATIK ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia terdiri dari 6 sampai dengan 10 halaman A4, menggunakan manajemen referensi mendeley dan similarity/ plagaiarisme dibawah 20%. Penyerahan naskah pada Jurnal BATIK menggunakan sistem Open Journal System (OJS) dengan menggunakan format Microsoft Word (.doc atau .docx).</p> https://www.journal.irpi.or.id/index.php/batik/article/view/1672 Kreatif Tanpa Gadget: Pelatihan Kerajinan Tangan dari Barang Bekas 2024-09-22T04:25:41+00:00 Ika Parma Dewi ika_parma@ft.unp.ac.id Juli Elprida Hutagalung julielpridahutagalung@gmail.com Kms Muhammad Naufal kmsmuhammadnaufal@gmail.com Farhatun Muslimah muslimahfarhatun@gmail.com Nia Febrima Yeni niafebrima@gmail.com Sari Melinda sarimelinda1020@gmail.com Ivan Hasali ivanhasaliindonesia@gmail.com Artesia Anwar artesiaanwar73@gmail.com Wenti Julia Analismi wentijuliana123@gmail.com <p>Industri 4.0 menandai transformasi signifikan dalam proses produksi melalui pemanfaatan teknologi digital seperti Internet of Things (IoT) dan analisis big data, yang memungkinkan efisiensi tinggi dan komunikasi antar perangkat. Namun, kemajuan ini juga mempengaruhi Generasi Z, yang sangat terhubung dengan teknologi digital, menghadirkan tantangan berupa ketergantungan pada gadget. Untuk mengatasi masalah tersebut, penting menciptakan kegiatan yang mengalihkan perhatian dari teknologi, sekaligus mendorong kreativitas. Salah satu solusi yang diusulkan adalah pelatihan kerajinan tangan dari barang bekas. Melalui program yang dilakukan di Panti Asuhan Darul Ma'arif Al-Karimiyah, Padang, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak dengan mendaur ulang sampah anorganik menjadi produk bernilai. Pendekatan Reduce, Reuse, Recycle (3R) digunakan untuk mengajarkan pengelolaan sampah berwawasan lingkungan. Hasilnya, anak-anak diharapkan mampu menghasilkan karya yang bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidup tanpa bergantung pada teknologi digital. Metode yang digunakan adalah observasi, sosialisasi, dan pelatihan praktis, dengan materi yang meliputi bahaya kecanduan gadget serta teknik daur ulang sampah. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kreativitas anak-anak, yang mampu menghasilkan produk seperti tempat tisu, hiasan dinding, dan bingkai foto. Untuk hasil umpan balik yang diberikan pada anak-anak panti asuhan menunjukkan bahwa bahwa 90% responden menyatakan Sangat Setuju dengan kegiatan pelatihan yang telah dilakukan.</p> 2025-04-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural https://www.journal.irpi.or.id/index.php/batik/article/view/1815 Pemanfaatan Artifisial Intelligence (AI) dalam Menyusun Modul Ajar Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar 2024-12-11T10:51:43+00:00 Yusdin Gagaramusu gagaramusu@yahoo.com Sarintan Kaharu sarintankaharu@untad.ac.id Khairunnisa Khairunnisa khairunisa@untad.ac.id Ryan Pratama mohamad.rian.pratama@untad.ac.id Ammar Ammar ammarjoni@untad.ac.id Shalehuddin Shalehuddin shalehuddin@untad.ac.id Danti Indriastuti Purnamasari dantindriastuti97@gmail.com <p>Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan semakin berkembang pesat, terutama dalam penyusunan modul ajar yang interaktif dan sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Namun, banyak guru, terutama di daerah seperti Kecamatan Tanantovea, masih menghadapi kesulitan dalam memanfaatkan AI secara efektif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, agar mampu memanfaatkan teknologi AI dalam menyusun modul ajar yang inovatif dan menarik. Pelatihan berlangsung selama tiga hari dengan pendekatan learning by doing dan melibatkan pemanfaatan berbagai platform berbasis AI, seperti ChatGPT dan Canva AI. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru mampu menyusun modul ajar yang lebih interaktif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik, meskipun masih menghadapi tantangan terkait literasi teknologi. Rekomendasi dari kegiatan ini meliputi pelatihan lanjutan dan peningkatan fasilitas teknologi di sekolah untuk mendukung penerapan modul ajar berbasis AI. Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kecamatan Tanantovea.</p> 2025-04-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural https://www.journal.irpi.or.id/index.php/batik/article/view/1872 Profil Empati Multibudaya Masyarakat Desa Wisata Cibuntu 2025-02-13T16:02:27+00:00 Amartya Alka Fahira amartyalka@upi.edu Anisa Nurwulan anisanurw@upi.edu Arinnisa Cahya arinnisacahya@upi.edu Kaila Aulia Zahra kailaaulia123@upi.edu Kharisma Amelia Putri kharismaameliaputri@upi.edu Sabrina Tiara Putri Rahmani sabrinatiarapr@upi.edu Mamat Supriatna ma2t.supri@upi.edu <p>Masyarakat Desa Wisata Cibuntu menghadapi tantangan dalam menjaga keharmonisan sosial di tengah interaksi multibudaya yang intens akibat meningkatnya kunjungan wisatawan dari berbagai latar belakang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil empati multibudaya masyarakat Desa Wisata Cibuntu dan merumuskan strategi yang efektif dalam menciptakan hubungan multibudaya yang harmonis. Pendekatan penelitian menggunakan metode kajian lapangan berupa wawancara dengan pengelola, masyarakat lokal, dan anak-anak Desa Wisata Cibuntu, serta penguatan teori melalui kajian pustaka. Analisis data dilakukan secara sistematis untuk menggali pola empati masyarakat dalam melestarikan tradisi, menyambut pengunjung, dan membangun solidaritas antarwarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Desa Wisata Cibuntu memiliki tingkat empati yang tinggi, terlihat dari upaya pelestarian tradisi seperti Sedekah Bumi, keramahan terhadap pengunjung, dan solidaritas dalam membantu sesama. Sikap inklusif ini tidak hanya memperkuat hubungan sosial lokal tetapi juga menciptakan citra positif desa di mata wisatawan. Temuan ini menegaskan pentingnya empati multibudaya sebagai fondasi pengembangan pariwisata berkelanjutan yang harmonis dan inklusif.</p> 2025-04-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural https://www.journal.irpi.or.id/index.php/batik/article/view/1927 Perancangan Purwarupa Sistem Pemantauan dan Pelaporan Proses Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Berbasis Aplikasi Web di Sekolah Binekas 2025-02-13T16:04:56+00:00 Reza Rendian Septiawan zaseptiawan@telkomuniversity.ac.id Surya Michrandi Nasution michrandi@telkomuniversity.ac.id Muhammad Faris Ruriawan muhammadfaris@telkomuniversity.ac.id <p>Kurikulum Merdeka memiliki karakteristik untuk berfokus pada muatan esensial dan hal-hal mendasar. Kurikulum Merdeka dirancang agar fleksibel dan dapat diadopsi serta disesuaikan implementasinya di seluruh satuan pendidikan dengan tetap memenuhi Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan. Dalam implementasinya, karakteristik-karakteristik dari Kurikulum Merdeka ini memberikan berbagai kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangan yang muncul sebagai akibat dari fleksibilitas serta diferensiasi pembelajaran yang menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing pelajar menuntut pengajar dapat melakukan <em>monitoring</em> terhadap materi yang telah disampaikan serta ketercapaiannya terhadap Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan. Sekolah Binekas, sebagai salah satu sekolah swasta ternama di kawasan Bandung Selatan, masih melakukan penyusunan serta pelaporan kegiatan pembelajaran secara manual, baik melalui kertas fisik ataupun dokumen digital. Kondisi tersebut mempersulit proses pemantauan capaian pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mempermudah proses pengarsipan dokumen perencanaan dan pelaporan kegiatan pembelajaran sehingga proses pemantauan CP dapat dilakukan dengan efisien. Pada kegiatan ini telah berhasil dibuat purwarupa sistem yang berpotensi mempermudah Sekolah Binekas dalam melakukan proses pelaporan dan pemantauan proses pembelajaran sehari-hari. Sistem tersebut dirancang berbasis aplikasi web sehingga dapat dengan mudah diakses oleh para pengajar Sekolah Binekas. Apabila sistem ini terbukti efektif, maka sistem ini dapat dijadikan percontohan dan diimplementasikan di sekolah-sekolah lainnya.</p> 2025-04-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural https://www.journal.irpi.or.id/index.php/batik/article/view/2000 Representasi Gender dalam Al-Qur'an: Tinjauan Kritis Terhadap Narasi Perempuan 2025-03-22T02:06:40+00:00 Retisfa Khairanis retisfakhairanis182001@gmail.com Muhammad Aldi 1914010089.muhammadaldi@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi representasi gender dalam Al-Qur'an dengan fokus pada narasi perempuan. Latar belakang penelitian ini berakar pada kebutuhan untuk memahami bagaimana teks suci Islam menggambarkan peran dan posisi perempuan, serta implikasinya terhadap pemikiran gender dalam masyarakat Muslim. Meskipun telah ada berbagai penelitian tentang gender dalam Al-Qur'an, masih ada ruang untuk analisis yang lebih mendalam dan kritis terhadap narasi-narasi yang sering diabaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan tinjauan kritis terhadap narasi perempuan dalam Al-Qur'an, mengidentifikasi tema-tema utama, dan menganalisis bagaimana interpretasi teks-teks ini mempengaruhi pemahaman gender di kalangan umat Islam. Ruang lingkup penelitian ini mencakup ayat-ayat yang berkaitan dengan perempuan, baik dalam konteks historis maupun relevansinya di era modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur, yaitu dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur, termasuk tafsir klasik dan kontemporer, artikel akademis, dan karya-karya feminis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi perempuan dalam Al-Qur'an memiliki kompleksitas yang sering diabaikan, dengan beberapa ayat yang menegaskan kesetaraan dan penghormatan terhadap perempuan. Penelitian ini juga mengidentifikasi variasi penafsiran yang dapat memperkuat atau memperlemah posisi gender perempuan dalam masyarakat. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada diskusi tentang gender dan Islam serta mendorong penafsiran yang lebih inklusif.</p> 2025-04-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Retisfa Khairanis, Muhammad Aldi https://www.journal.irpi.or.id/index.php/batik/article/view/1843 Pelatihan Perawatan Payudara Menuju Sukses ASI Eksklusif di Sidoarjo 2024-12-18T23:22:39+00:00 Puji Hastuti ph_ners79@yahoo.co.id Astrida Budiarti as3da_ns@yahoo.com Dwi Ernawati diyaharini76@yahoo.co.id Qori’ Ila Saidah qori_ht07@yahoo.com Iis Fatimawati iis.fatimawati@gmail.com Faridah Faridah faridah@gmail.com <p>Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan yang sempurna bagi bayi. ASI mengandung zat gizi penting dan lengkap yang dibutuhkan bayi bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Namun kenyataannya masih banyak ibu yang belum memberikan ASI secara eksklusif karena berbagai faktor salah satunya adalah ASI yang tidak lancar. Perawatan payudara merupakan upaya untuk melancarkan produksi ASI, sehingga mencukupi kebutuhan bayi. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan pengabdian kepada masayarakat dengan memberikan pelatihan perawatan payudara menuju sukses ASI eksklusif pada ibu menyusui di Desa Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo. Kegiatan meliputi pretest, pemberian pelatihan, diskusi dan tanya jawab, serta posttest untuk mengevaluasi tingkat pemahaman ibu menyusui. Setelah dilakukan pelatihan didapatkan 90 % ibu hamil memiliki pengetahuan baik.</p> 2025-04-21T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Puji Hastuti, Astrida Budiarti, Dwi Ernawati, Qori’ Ila Saidah, Iis Fatimawati, Faridah Faridah https://www.journal.irpi.or.id/index.php/batik/article/view/2001 Pendidikan Islam Berbasis Neuroedukasi: Strategi Pembelajaran Al-Qur'an 2025-03-22T02:09:44+00:00 Retisfa Khairanis retisfakhairanis182001@gmail.com Muhammad Aldi 1914010089.muhammadaldi@gmail.com <p>Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak sejak usia dini. Namun, pembelajaran Al-Qur'an sering kali menghadapi tantangan dalam menciptakan pengalaman belajar yang optimal dan menyenangkan. Pendekatan neuroedukasi, yang mengintegrasikan prinsip-prinsip neurosains dalam pendidikan, menawarkan potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran Al-Qur'an berbasis neuroedukasi dalam konteks pendidikan Islam untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Subjek penelitian meliputi guru pendidikan Islam dan orang tua yang memahami penerapan neuroedukasi. Data dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan strategi yang efektif dalam pembelajaran Al-Qur'an berbasis neuroedukasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan neuroedukasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat pemahaman terhadap materi Al-Qur'an, dan mendukung perkembangan emosional serta sosial anak. Guru yang menerapkan strategi ini cenderung menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan sesuai dengan perkembangan otak anak. Kesimpulannya, integrasi neuroedukasi dalam pendidikan Islam memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan bagi pendidik untuk memahami prinsip-prinsip neuroedukasi dan penerapannya dalam pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam.</p> 2025-04-21T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Retisfa Khairanis, Muhammad Aldi