Brainstorming Penatalaksanaan Kasus Trauma dan Non Trauma di Sekolah SMK Setia Budhi Rangkasbitung

Penulis

  • Ika Purwanto Akademi Keperawatan Yatna Yuana Lebak
  • Maury Cahya S. Akademi Keperawatan Yatna Yuana Lebak
  • Mutia Ningsih Akademi Keperawatan Yatna Yuana Lebak

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v2i2.852

Kata Kunci:

Brainstorming, Kecelakaan di Sekolah, Penatalaksanaan, Trauma

Abstrak

Kecelakaan adalah kejadian yang tidak direncanakan yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan waktu, kehilangan harta benda properti, cedera, cacat, atau kematian. Peristiwa ini bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk dalam prosesnya pembelajaran di sekolah dengan korban siswa atau siapa pun yang ada di sekolah. Untuk itu, peningkatan ilmu bagi siswa terutama siswa yang ikut dalam kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) khususnya dalam upaya memberikan pertolongan pertama pra rumah sakit sangat diperlukan. tujuan, metode penyuluhan dan pelatihan ini diharapkan adanya peningkatan pengetahuan antara sebelum dan setelah diberikan penyuluhan, mampu mengidentifikasi kasus trauma dan non trauma di sekolah, serta penanganannya, serta dapat menyebarluaskan informasi yang sudah didapat metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh pelatih yang telah tersertifikasi, dan data post test dan pre test dianalisis dengan menggunakan analisis paired sample T-Test dan diperoleh nilai signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian penyuluhan dan simulasi tentang penatalaksanaan kasus taruma dan non trauma untuk orang awam berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengetahuan siswa.

Referensi

F. Evanti Hutasoit, E. Widowati Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, and F. Ilmu Keolahragaan, “GAMBARAN PENERAPAN SAFETY EDUCATION (PENDIDIKAN KESELAMATAN) DI SEKOLAH DASAR,” 2017. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/

Kemenkes RI, Profil Kesehatan Indonesia 2021, 2022nd ed., vol. 1. Jakarta: Kemenkes, 2022.

Yustinus Sukarmin and Sumaryanti, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESELAMATAN DALAM PEMBELAJARAN OLAHRAGA,” Jurnal Cakrawala Pendidikan, vol. Volume 1, Nomor 1, pp. 24–37, Jun. 2017.

J. Kesehatan Masyarakat et al., “The Effect Of Extension And Training Through Leaflet Media On Knowledge Of PHBS Kader In Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una,” vol. 8, no. 2, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/PJKM

M. Beraneka et al., “Pengaruh Pelatihan dengan Metode Simulasi Terhadap Keberhasilan Penerapan The Effect of Training by Simulation Method on Cadres to the Successfulness of Diversity Food Application (a Study in Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto).”

M. A. F. Anwar, W. D. Atmoko, H. Wujoso, "Gambaran Trauma Kepala Korban Mati Kecelakaan Lalu Lintas yang Ditangani Instalasi Forensik RSUD Dr. Moewardi Tahun 2017-2022", Plexus Medical journal (PMJ), vol. 3 no. 1, pp:8-15

T. Alawiyah, "Konseling Traumatik Menangani Trauma Seorang Siswa Dalam Pendidikan

Islam", Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4 no. 6, 2022, pp: 11454-11463

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-20

Cara Mengutip

Purwanto, I., S., M. C., & Ningsih, M. (2024). Brainstorming Penatalaksanaan Kasus Trauma dan Non Trauma di Sekolah SMK Setia Budhi Rangkasbitung. Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 2(2), 55-59. https://doi.org/10.57152/batik.v2i2.852

Terbitan

Bagian

Articles